Rakornas Pengurus Pusat dan Cabang PERTETA serta Launching Sistem Informasi PERTETA 2022


Dalam rangka Konsolidasi Organisasi dan Perencanaan Program Kerja Perhimpunan Teknik Pertanian Indonesia (PERTETA) periode 2022-2025, maka dilakukan kegiatan Rakornas Pengurus Pusat dan Cabang PERTETA yang telah dilaksanakan pada Hari Sabtu, 15 Januari 2022 secara virtual melalui aplikasi online meeting. Kegiatan dihadiri oleh para peserta yang terdiri dari pengurus pusat dan perwakilan cabang yang tersebar diseluruh Indonesia serta Dewan Penasehat sekaligus juga Anggota Kehormatan PERTETA yaitu Dr.Ir.H. Andi Amran Sulaiman (Mantan Menteri Pertanian Republik Indonesia Periode 2014-2019) , MP, Dr.Ir. Ali Jamil, M.P, Dr.Ir. Sam Herodian, MS serta Prof.Dr.Ir. Lilik Sutiarso, M.Eng. Kegiatan Rakornas diawali dengan sambutan dan pembacaan struktur dan perkenalan Pengurus Pusat serta Cabang oleh Ketua Umum PERTETA, Dr.Ir. Desrial, M.Eng.


Sebagai informasi, susunan organisasi dan kepengurusan PERTETA terdiri dari Dewan Penasehat, Ketua Umum, Wakil Ketua, Sekertaris Umum, Bendahara Umum, Bidang I Penguatan Organisasi, Bidang II Pengembangan SDM dan Profesi, Bidang III Pengembangan Keilmuan dan Riset, Bidang IV Kerjasama dan Komersialisasi Riset, Bidang V Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Bidang VI Forum Ilmiah dan Publikasi. Dalam sambutan dan arahan oleh Dewan Penasehat PERTETA, Dr.Ir.H. Andi Amran Sulaiman menyampaikan bahwa PERTETA memiliki sumberdaya yang sangat besar serta diharapkan dapat berperan secara aktif dalam pengembangan mekanisasi dan teknologi pertanian di Indonesia. “Beberapa Industri karya anak bangsa sudah dihasilkan seperti pabri gula tebu dari lahan marginal, pengembangan smart tractor tanpa awak dan teknologi pertanian lainnya, ini peluang bagi PERTETA untuk dapat berkontribusi membangung bangsa”. Sejalan dengan hal tersebut, Dewan Penasehat lainnya juga memberikan arahan serupa agar PERTETA dapat berkolaborasi dengan berbagai pihak serta mengoptimalkan semua sumber daya yang dimiliki.


Kegiatan Rakornas kemudian dilanjutkan dengan soft launching sistem informasi dan website PERTETA yang dapat diakses di alamat http://apps.perteta.or.id/ yang disampaikan oleh Bayu Taruna, STP, M.Eng, Ph.D, sebagai Ketua Tim Pengembang. Selama ini PERTETA belum memiliki sistem yang terintegrasi dalam pendaftaran, pendataan organisasi dan dokumentasi berbagai kegiatan/arsip dimana semua masih dilakukan secara manual atau menggunakan online form. Keunggulan sistem informasi PERTETA yang telah dibangun diantaranya adalah dapat digunakan untuk pendaftaran anggota secara online, terpusat dan mudah, iuran tahunan menggunakan sistem pembayaran terintegrasi dengan online payment gateway, fitur rapat atau webinar dan zoom meeting yang terintegrasi dengan aplikasi website, e-voting pemilihan, personalisasi email dengan alamat @perteta.or.id, fitur penyingkatan link URL dan tautan website serta manajemen keanggotaan pusat dan cabang yang dapat dimonitor secara real time (aktual). Hal tersebut disambut baik oleh para peserta serta khusnya oleh para cabang yang selama ini berkaitan langsung dengan proses pendaftaran keanggotaan. Dengan sistem informasi apps PERTETA, diharapkan dapat memudahkan para pengurus organisasi dan anggota serta meningkatkan partisipasi keanggotaan baru dari berbagai stakeholder Akademisi, Industri, Pemerintah serta Generasi Milenial Muda Pertanian Indonesia. (LSC)

Berita Lainnya